Kelemahan
tidak selalu menjadi hambatan, tetapi darinya juga bisa muncul ide
untuk mengatasi kelemahan itu supaya menjadi peluang untuk meraih
sukses.
Sebagai salah satu bukti adalah pengalaman
pengembangan bisnis NASA oleh Bapak Nur Haryono yang sukses meraih
omzet terbesar kedua di bidang Agrokompleks melalui media online.
Perjalanan
hidup manusia memang penuh liku dan perjuangan, untuk menjadi sukses
dibutuhkan ketekunan, kerja keras, dan kelihaian membaca dan
memanfaatkan peluang. Kesuksesan tidak akan datang sendiri jatuh dari
langit, melainkan selaludidahului dengan perjuangan yang tidak ringan.
Pertama yang harus dimiliki seseoranguntuk mengubah nasib adalah kemauan
berusaha dan keberanian untuk mengambil langkah pertama yang bakal
menjadi awal perjuangan yang penuh dengan liku dan pembelajaran.
Perjalanan mengelola usaha sering memaksa orang untuk melakukan berbagai
inovasi untuk memperbesar usahanya. Inovasi tersebut bisa berupa
perubahan atau penambahan komoditas, ataupun perubahan dan pengembangan
strategi pemasaran komoditas tersebut. Proses learning by doing ini tetu
saja memerlukan kesabaran dan kerja keras sebelum apa yang diharapkan
dapat tercapai.
Mungkin
itulah gambaran perjalanan hidup yang dialami oleh Bapak Nur Haryono
(33 tahun) yang sejak tahun 2010 bergabung di bisnis NASA. Semula bapak
satu putri ini tidak begitu tertarik dengan bisnis NASA yang dikenalkan
oleh salah seorang temannya yaitu Bapak Wiyardi, karena dia menyadari
punya kelemahan yaitu tidak begitu pandai untuk presentasi yang mutlak
dibutuhkan dalam bisnis multi level marketing. Tetapi ada satu produk
dari NASA yang membuatnya tertarik untuk memasarkannya saat itu yaitu
produk ban Tiretech, karena diapunya latar belakang pengetahuan di
bidang mesin. Hanya saat ini justru ia lebih banyak memasarkan produk
NASA di bidang agro karena menurutnya penggunanya lebih luas.
Meraih Omzet puluhan Juta dengan Media Online
Bapak
Nur Haryono serius ingin mengembangkan bisnisnya di NASA, namun ia
menyadari akan kekurangan pada dirinya, yaitu kurang pandai berbicara,
sehingga mengalami kesulitan dalam mengenalkan produknya kepada
konsumen. Dari kelemahannya ini justru muncul ide untuk memasarkan
produk NASA via internet yang mengantarkannya meraih omzet puluhan juta.
Meskipun ketika itu ia masih belum terlalu melek komputer, tidak
memiliki komputer, bahkan tidak memiliki sepeda motor untuk mobilitas
mengembangkan usahanya, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Ketika
itu ia harus naik pit onthel ke warnet untuk membuat blog dan
mengantarkan pesanan juga dilakoninya dengan mengayuh sepeda.
Setelah
sekian lama akhirnya ia menyadari strategisnya media online dalam
memasarkan produk-produknya, karena sebagian besar penjualan didapat
dari hasil online yaitu 95% dan hanya 5% yang dari offline. Nur Haryono
memanfaatkan fasilitas free space untuk membuat blog untuk mempromosikan
produk-produk NASA, dan melalui media online ini pesanan pun mulai
mengalir. Kliennya banyak yang dari luar Jawa antara lain dari Sulawesi,
Kalimantan dan Sumatera yang menggunakan produk NASA untuk tambak,
perkebunan sawit, karet dan coklat.
Meraih
Penghargaan Sebagai Stockist dengan Omzet
Terbesar Kedua di Bidang Agrokompleks.
Setelah
dua tahun, Bapak Nur Haryono mulai merasakan hasil usahanya dan pada
tahun 2011 omzetnya mencapai 20-30 juta per bulan. Dari bisnisnya di
NASA ia dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya, saat ini sudah ada
motor, laptop dan jaringan internet pribadi untuk mengembangkan
usahanya. Ditanya apa tipsnya untuk menaikkan omzet via online, beliau
menjawab bahwa dalam strategi promosinya ia menggunakan strategi jaring
laba-laba, yaitu semakin banyak jaring maka mangsa yang terjerat pun
akan semakin banyak. Dalam hal ini ia memiliki banyak blog untuk
mengenalkan produk-produkNASA. Kini ia memiliki 15 blog yang selalu
diupdate tiap minggu, diharapkan dengan semakin banyaknya blog yang
dimiliki, pangsa pasarnya semakin luas, dan omzetnyapun semakin
meningkat. Pemasaran dengan blog ini memang cukup efektif, karena selain
murah juga bisa diakses sampai ke mana-mana. Apalagi kini pengguna
internet juga kian meluas, bukan hanya pelajar dan mahasiswa, serta
pegawai kantoran, namun para petanipun mulai banyak yang menggunakannya.
Dari
kesuksesannya memasarkan produk NASA via online telah mengantarkan
bapak Nur Haryono mendapatkan penghargaan sebagai stockist dengan omzet
terbesar kedua di bidang agrokompleks dan memenangkan hadiah laptop yang
diserahkan sendiri oleh Direktur Utama PT NASA, Ir. Hana Indra Kusuma,
MP dan Manager Humas dan TS Ir. Joni Riyanto di rumahnya (gambar).
No comments:
Post a Comment