Kelemahan
 tidak selalu menjadi hambatan, tetapi darinya juga bisa muncul ide 
untuk mengatasi kelemahan itu supaya menjadi peluang untuk meraih 
sukses. 
Sebagai salah satu bukti  adalah pengalaman
 pengembangan bisnis NASA oleh Bapak Nur Haryono yang sukses meraih 
omzet terbesar kedua di bidang Agrokompleks melalui media online.
Perjalanan
 hidup manusia memang penuh liku dan perjuangan, untuk menjadi sukses 
dibutuhkan ketekunan, kerja keras, dan kelihaian membaca dan 
memanfaatkan peluang. Kesuksesan tidak akan datang sendiri jatuh dari 
langit, melainkan selaludidahului dengan perjuangan yang tidak ringan. 
Pertama yang harus dimiliki seseoranguntuk mengubah nasib adalah kemauan
 berusaha dan keberanian untuk mengambil langkah pertama yang bakal 
menjadi awal perjuangan yang penuh dengan liku dan pembelajaran. 
Perjalanan mengelola usaha sering memaksa orang untuk melakukan berbagai
 inovasi untuk memperbesar usahanya. Inovasi tersebut bisa berupa 
perubahan atau penambahan komoditas, ataupun perubahan dan pengembangan 
strategi pemasaran komoditas tersebut. Proses learning by doing ini tetu
 saja memerlukan kesabaran dan kerja keras sebelum apa yang diharapkan 
dapat tercapai. 
Mungkin
 itulah gambaran perjalanan hidup yang dialami oleh Bapak Nur Haryono 
(33 tahun) yang sejak tahun 2010 bergabung di bisnis NASA. Semula bapak 
satu putri ini tidak begitu tertarik dengan bisnis NASA yang dikenalkan 
oleh salah seorang temannya yaitu Bapak Wiyardi, karena dia menyadari 
punya kelemahan yaitu tidak begitu pandai untuk presentasi yang mutlak 
dibutuhkan dalam bisnis multi level marketing. Tetapi ada satu produk 
dari NASA yang membuatnya tertarik untuk memasarkannya saat itu yaitu 
produk ban Tiretech, karena diapunya latar belakang pengetahuan di 
bidang mesin. Hanya saat ini justru ia lebih banyak memasarkan produk 
NASA di bidang agro karena menurutnya penggunanya lebih luas.
Meraih Omzet puluhan Juta dengan Media Online 
Bapak
 Nur Haryono serius ingin mengembangkan bisnisnya di NASA, namun ia 
menyadari akan kekurangan pada dirinya, yaitu kurang pandai berbicara, 
sehingga mengalami kesulitan dalam mengenalkan produknya kepada 
konsumen.  Dari kelemahannya ini justru muncul ide untuk memasarkan 
produk NASA via internet yang mengantarkannya meraih omzet puluhan juta.
 Meskipun ketika itu ia masih belum terlalu melek komputer, tidak 
memiliki komputer, bahkan tidak memiliki sepeda motor untuk mobilitas 
mengembangkan usahanya, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Ketika 
itu ia harus naik pit onthel ke warnet untuk membuat blog dan 
mengantarkan pesanan juga dilakoninya dengan mengayuh sepeda. 
Setelah
 sekian lama akhirnya ia menyadari strategisnya media online dalam 
memasarkan produk-produknya, karena sebagian besar penjualan didapat 
dari hasil online yaitu 95% dan hanya 5% yang dari offline. Nur Haryono 
memanfaatkan fasilitas free space untuk membuat blog untuk mempromosikan
 produk-produk NASA, dan melalui media online ini pesanan pun mulai 
mengalir. Kliennya banyak yang dari luar Jawa antara lain dari Sulawesi,
 Kalimantan dan Sumatera yang menggunakan produk NASA untuk tambak, 
perkebunan sawit, karet dan coklat.
Meraih
 Penghargaan Sebagai Stockist dengan Omzet                              
                           Terbesar Kedua di Bidang Agrokompleks. 
Setelah
 dua tahun, Bapak Nur Haryono mulai merasakan hasil usahanya dan pada 
tahun 2011 omzetnya mencapai 20-30 juta per bulan. Dari bisnisnya di 
NASA ia dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya, saat ini sudah ada 
motor, laptop dan jaringan internet pribadi untuk mengembangkan 
usahanya. Ditanya apa tipsnya untuk menaikkan omzet via online, beliau 
menjawab bahwa dalam strategi promosinya ia menggunakan strategi jaring 
laba-laba, yaitu semakin banyak jaring maka mangsa yang terjerat pun 
akan semakin banyak. Dalam hal ini ia memiliki banyak blog untuk 
mengenalkan produk-produkNASA. Kini ia memiliki 15 blog yang selalu 
diupdate tiap minggu, diharapkan dengan semakin banyaknya blog yang 
dimiliki, pangsa pasarnya semakin luas, dan omzetnyapun semakin 
meningkat. Pemasaran dengan blog ini memang cukup efektif, karena selain
 murah juga bisa diakses sampai ke mana-mana. Apalagi kini pengguna 
internet juga kian meluas, bukan hanya pelajar dan mahasiswa, serta 
pegawai kantoran, namun para petanipun mulai banyak yang menggunakannya.
 
Dari
 kesuksesannya memasarkan produk NASA via online telah mengantarkan 
bapak Nur Haryono mendapatkan penghargaan sebagai stockist dengan omzet 
terbesar kedua di bidang agrokompleks dan memenangkan hadiah laptop yang
 diserahkan sendiri oleh Direktur Utama PT NASA, Ir. Hana Indra Kusuma, 
MP dan Manager Humas dan TS  Ir. Joni Riyanto di rumahnya (gambar).

No comments:
Post a Comment